Skip to main content

batu andesit adalah

Batu Andesit adalah suatu jenis batuan beku vulkanik , ekstrusif, komposisi menengah, dengan tekstur afanitik hingga porfiritik. Dalam pengertian umum, Andesit adalah jenis peralihan antara basal dan dasit, dengan rentang silikon dioksida (SiO2) adalah 57-63% seperti digambarkan di diagram TAS. Susunan mineral biasanya didominasi oleh plagioklas ditambah piroksen dan / atau hornblende. Magnetit, zirkon, apatit, ilmenit, biotit, dan garnet adalah mineral aksesori umum.[1] Alkali feldspar dapat hadir dalam jumlah kecil. Kelimpahan feldspar-kuarsa di batuan vulkanik andesit dan lainnya diilustrasikan dalam diagram QAPF. Batuan andesit umumnya ditemukan pada lingkungan subduksi tektonik di wilayah perbatasan lautan seperti di pantai barat Amerika Selatan atau daerah-daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperti Indonesia. Nama andesit berasal dari nama Pegunungan Andes.


Batu andesit banyak digunakan dalam bangunan-bangunan megalitik, candi dan piramida. Begitu juga perkakas-perkakas dari zaman prasejarah banyak memakai material ini, misalnya: sarkofaguspunden berundak, lumpang batu, meja batu, arca dll.


Di zaman sekarang batu andesit ini masih digunakan sebagai material untuk nisan kuburan orang Tionghoa, cobek, lumpangjamu, cungkup/kap lampu taman dan arca-arca untuk hiasan. Salah satu pusat kerajian dari batu andesit ini adalah Magelang.


Pusat kerajinan dan pemotongan batu Andesit juga terdapat di daerah Cirebon dan Majalengka Jawa Barat. Karena di daerah ini banyak terdapat perbukitan yang merupakan daerah tambang Batu Andesit. Untuk batu Andesit di daerah cirebon umum nya bewarna abu-abu dan terdiri dari 2 Jenis utama: Andesit Bintik dan Andesit Polos.


Comments

Popular posts from this blog

Batu Alam Wall Cladding Kombinasi Murah

Wall Cladding kombinasi merupakan susunan potongan batu alam yang di tempel dan di rekatkan dengan lem khusus antara satu dengan lainnya.  Batu alam wall cladding dengan kombinasi 3 warna yang berbeda di aplikasikan pada dinding baik eksterior maupun interior. Dengan karakteristik warna yang berbeda sehingga memberikan kesan yang unik.  Kelebihan Batu Alam Kombinasi  Batu alam karang pilang 3 warna memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan batu alam lainnya. Pemasangan lebih cepat karena sudah dibentuk / dirakit dalam ukuran yang lebih lebar, yaitu ukuran 18×45 cm dengan pola zig – zag. 

Gambar Batu Alam untuk Desain Rumah Modern

Jenis dan batu gambar alam di bawah ini cocok untuk segala sisi rumah. Yuk, kita pahami secara baik-baik! Sejak zaman dahulu, batu alam sudah menjadi bahan pokok utama untuk membangun rumah. Batu-batu ini merupakan kerak bumi serta mineral yang mengeras akibat proses alami. Ada banyak macam batu alam yang dapat kita gunakan sebagai komposisi pembangunan rumah ataupun hanya sebagai dekorasi ruangan. Akhir-akhir ini, banyak sekali desainer rumah yang menggunakan berbagai macam batu alam karena multifungsi. Batu alam pada rumah, mampu meningkatkan estetika serta memberikan kesan natural yang elegan. Bukan hanya itu, dengan menggunakan batu alam sebagai bahan pembangun atau dekorasi rumah, kamu juga bisa meningkatkan harga jual rumahmu di masa depan, lho . Berikut adalah jenis beserta gambar batu alam yang bisa kamu pilih untuk desain rumahmu! Jenis dan Gambar Batu Alam untuk Desain Rumah 1. Batu Palimanan Batu Palimanan berasal dari kecamatan Palimanan di Cirebon. Batu

Batu Hijau Sukabumi

  Seperti namanya, batu khas satu ini merupakan jenis batu alam yang paling banyak ditemukan di daerah Sukabumi.  Selain dari area Sukabumi, batu ini terbilang langka.  Batu ini bisa dibilang sebagai salah satu “permata” Indonesia karena kecantikan dan keunggulannya yang susah ditandingi.  Batu hijau Sukabumi sudah sering dipilih sebagai pilihan utama banyak orang.  Mereka menilai bahwa batu ini dapat menghadirkan tampilan elegan dan natural pada halaman belakang ataupun teras rumah mereka.  Batu kuarsit hijau ini juga ramah lingkungan, lho, sehingga kamu juga bisa menggunakannya untuk dinding, atap rumah, pagar, dan bahan utama pancuran air. Keunggulan:  Warna hijau natural, tidak perlu dicat ulang  Tidak licin, cocok untuk lantai kolam renang  Dapat menstabilkan suhu dan beradaptasi dengan cuaca  Tahan terhadap tekanan tinggi  Senyawa zeolitnya dapat menjernihkan kolam