Skip to main content

Permasalahan di Seputar Batu alam


Memang batu alam adalah benda dengan fisik yang kuat dan memiliki daya tahan tahan relatif lebih lama. Namun, sering kali ditemui beberapa permasalahan pada batu alam, entah karena faktor manusia atau faktor lingkungan. Berikut disajikan permasalahan yang biasa terjadi pada batu alam.



Batu Berlumut

Batu berlumut umumnya terjadi pada batu yang dipasang sebagai elemen eksterior seperti pagar. Terlalu sering terpapar hujan dan seringnya debu menempel membuat batu batu alam mudah berlumut. Untuk menghilangkan lumut, sikat batu dengan menggunakan sikat kawat dengan air dan deterjen secara berkala. Agar lebih aman lagi, coating batu alam dengan coating sesuai jenis batu.

Batu Bernoda Hitam atau Kusam

Noda hitam pada batu alam sering terjadi pada batu alam yang mempunyai tekstur halus seperti batu palimanan, paras jogja, dan batu nonsolid lainnya. Untuk mengatasinya ada dua cara, yaitu pertama batu dibersihkan dengan menggunakan amplas dan kedua menggunakan gerinda. Cara tersebut akan menyebabkan kualitas batu alam berkurang karena mengalami perubahan bentuk.

Batu Berembun

Batu berembun bukan berarti disebabkan oleh air, tetapi akibat proses coating yang tidak sesuai dengan prosedur. Pada batu yang berembun akan terlihat ruangan kosong warna putih atau abu-abu. Hal ini disebabkan pada saat di-coating batu alam belum benar-benar 100% kering, air itu akan tertutup oleh cairan coating yang mengendap seperti embun. Untuk mengatasi hal tersebut, kerok atau amplas bagian yang berembun, kemudian coating ulang.

Keluar Leleran

Sering dijumpai pada susunan batu alam keluar leleran mirip air terjun, tetapi sudah mengering. Adanya air terjun tersebut malah membuat penampilan semrawut. Apalagi jika dilihat dari kejauhan. Leleran tersebut merupakan air yang keluar dari nat (celah diantara batu alam) yang membawa kotoran, sehingga terlihat tak elok. Untuk mencegahnya bisa menggunakan semen khusus yang cepat mengering. Memang harganya mahal. Namun, jika masalah tersebut sudah muncul, anda cukup menyiram dan menyikatnya sampai bersih.

Lapisan Coating Mengelupas

Lapisan coating yang mengelupas disebabkan oleh dua hal, yaitu lapisan coating terlalu tebal batu alam belum bersih dari debu dan kristal-kristal hasil pemotongan batu pada saat di-coating. Untuk mengatasinya, kerok lapisan yang terkelupas dengan kape atau amplas, kemudian coating ulang.

Batu Lepas

Batu terlepas membuat penampilan batu alam secara keseluruhan kurang enak dipandang. Pemasangan yang kurang baik serta adonan atau acian yang kurang memenuhi standar merupakan penyebab utama batu lepas. Untuk mengatasinya, pasang kembali batu yang lepas atau ganti dengan batu yang sejenis. Pemasangannya menggunakan acian khusus yang daya rekatnya lebih tinggi.

Popular posts from this blog

Batu Alam Wall Cladding Kombinasi Murah

Wall Cladding kombinasi merupakan susunan potongan batu alam yang di tempel dan di rekatkan dengan lem khusus antara satu dengan lainnya.  Batu alam wall cladding dengan kombinasi 3 warna yang berbeda di aplikasikan pada dinding baik eksterior maupun interior. Dengan karakteristik warna yang berbeda sehingga memberikan kesan yang unik.  Kelebihan Batu Alam Kombinasi  Batu alam karang pilang 3 warna memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan batu alam lainnya. Pemasangan lebih cepat karena sudah dibentuk / dirakit dalam ukuran yang lebih lebar, yaitu ukuran 18×45 cm dengan pola zig – zag. 

Gambar Batu Alam untuk Desain Rumah Modern

Jenis dan batu gambar alam di bawah ini cocok untuk segala sisi rumah. Yuk, kita pahami secara baik-baik! Sejak zaman dahulu, batu alam sudah menjadi bahan pokok utama untuk membangun rumah. Batu-batu ini merupakan kerak bumi serta mineral yang mengeras akibat proses alami. Ada banyak macam batu alam yang dapat kita gunakan sebagai komposisi pembangunan rumah ataupun hanya sebagai dekorasi ruangan. Akhir-akhir ini, banyak sekali desainer rumah yang menggunakan berbagai macam batu alam karena multifungsi. Batu alam pada rumah, mampu meningkatkan estetika serta memberikan kesan natural yang elegan. Bukan hanya itu, dengan menggunakan batu alam sebagai bahan pembangun atau dekorasi rumah, kamu juga bisa meningkatkan harga jual rumahmu di masa depan, lho . Berikut adalah jenis beserta gambar batu alam yang bisa kamu pilih untuk desain rumahmu! Jenis dan Gambar Batu Alam untuk Desain Rumah 1. Batu Palimanan Batu Palimanan berasal dari kecamatan Palimanan di Cirebon. Batu

Batu Alam Sukabumi Ciptakan Kolam Renang Bernuansa Alam Natural

Batu alam sukabumi berasal dari batu kuarsa, terbentuk oleh alam dan berasal dari Sukabumi Jawa Barat Indonesia dan memiliki warna yang khas yaitu berwarna hijau sehingga dinamkan batu hijau sukabumi, Batu sukabumi memiliki banyak manfaat untuk material finishing pagar, dinding dan sekarang makin banyak digunakan untuk finishing kolam renanag, Di Bali contohnya untuk memberikan thema kolam renang Natural dan menyatu dengan alam hijau maka finishing kolam renang yang digunakan adalah batu alam sukabumi ini. Industri Batu Alam sukabumi contohnya adalah Cv sumber rezeki alam Sekarang sudah memperbaiki cara pengolahannya yaitu dengan potongan yang sangat presisi dan tidak lagi timbul harus memotong kembali dilapangan, Cv sumber rezeki alam juga banyak menyediakan berbagai ukuran batu alam sukabumi contohnya ukuran 10x10cm, 15x15cm, 20x20cm dan ukuran memanjang 10x20cm, 10 x 15cm dan 15 x 30cm. Untuk anda yang berminat untuk membeli Batu Alam sukabumi Tidak salahnya jika anda menanyakan la